Fakta Pengertian Distribusi ~ Distribusi adalah penyaluran dan penyebaran barang dari tangan produsen untuk sampai pada tangan konsumen. Dalam kejadian sehari-hari, distribusi barang merupakan bagian dari kegiatan pemasaran (marketing). Untuk mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari, seperti gula, sabun, kopi, dan lain-lain yang tidak jauh dari tempat tinggal, biasanya kita pergi ke warung atau toko kelontong terdekat. Di warung, anda dengan mudah dapat membeli berbagai keperluan pribadi tersebut. Mengapa demikian ? Warung atau toko merupakan salah satu tempat distribusi barang. Distribusi merupakan penghubung antara produsen dengan konsumen. Tanpa adanya distribusi, barang hasil produksi tidak akan sampai pada konsumen.
Tidak semua barang yang dihasilkan oleh produsen langsung dapat diketahui oleh konsumen. Untuk mengatasinya pihak produsen dan
distributor harus melakukan upaya-upaya supaya semua barang hasil produksinya dapat dengan cepat diketahui oleh konsumen. Upaya-upaya tersebut misalnya, mengadakan promosi melalui media cetak maupun elektronik, mengadakan pameran hasil produksi, menyebarkan brosur, pamphlet, daftar barang, dan harga hasil produksi. Baca juga
Fakta Kegiatan Produksi
Tujuan Distribusi
- Menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen
- Agar hasil produksi lebih berguna bagi masyarakat
- Kebutuhan masyarakat akan barang/jasa terpenuhi
- Agar kontinuitas produksi terjamin
Tugas Distributor
- Melakukan pembelian barang-barang dan jasa
- Melakukan penyimpanan barang-barang di gudang sampai barang-barang tersebut diperlukan
- Melakukan klasifikasi barang sesuai dengan ukuran, jenis, dan kualitas untuk memudahkan konsumen menetapkan pilihannya
- Mengangkut barang-barang dari tempat produsen ke tempat konsumen yang membutuhkan
- Memperkenalkan atau mengadakan promosi terhadap barang dan atau jasa yang diperdagangkan kepada konsumen
- Menjual barang dan atau jasa kepada konsumen atau pedagang yang lebih kecil.
Sistem Distribusi
Sistem distribusi merupakan cara yang dilakukan distributor agar barang sampai kepada konsumen. Untuk mencapai tujuan distribusi ada beberapa cara yang dilakukan agar barang sampai kepada konsumen. Cara tersebut antara lain :
- Distribusi langsung adalah distribusi barang/jasa tanpa melalui perantara sehingga penyaluran langsung dari produsen kepada konsumen. Contoh : Pedagang sate langsung menjual barang kepada konsumen.
- Distribusi semi langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui pedagang perantara yang merupakan bagian dari produsen. Contoh : Pabrik tekstil menyalurkan kainnya melalui conventer. Baca juga Fakta Pengertian Perusahaan
- Distribusi tidak langsung adalah sistem distribusi dari produsen kepada konsumen melalui agen grosir, makelar, komisioner, pedagang kecil yang bertindak sebagai pedagang perantara.
Sumber : Merpati – Semester 2
loading...